Jumat, 22 April 2016

Membuat Rumah di Lahan Miring Dengan Lantai Mezzanine

Jangan khawatir apabila kita mempunyai lahan sempit dan miring ,kadang orang beranggapan kalau lahan yang miring terkesan kurang mempunyai nilai jual yang tinggi sehingga ada yang bersusah payah untuk menggali atau mengurug supaya menjadi datar,lahan yang miring apabila didesain dengan baik dan tepat akan menjadi ruang hunian yang unik dan artistic.

Untuk membangun rumah dilahan yang miring ada beberapa tips yang perlu diperhatikan :
1.Buat data data tanah yang akan kita bangun,meliputi

- Bentuk tanah
 -Ketinggian Elevasi tanah
- Lokasi jalan untuk menentukan arah rumah

2.Membuat gambar denah rumah,

Perbedaan elevasi bisa dilakukan pengaturan ketinggian lantai,atau dengan menggunakan system Lantai mezzanine atau entresol yang menempatkan lantai diantara lantai dasar dan langit langit. untuk pembuatan lantai mezzanine usahakan jangan terlalu tinggi buat antara 2,5-3 m karena sifatnya yang antara lantai dasar dan langit langit jadi akan mempengaruhi struktur utama dan untuk pembuatan tangga buatlah seminimal mungkin tetapi tetap artistik agar tidak menyita banyak tempat.

Lahan dengan kemiringan 25-30 derajat bisa anda manfaatkan semaksimal mungkin sehingga hunian anda semakin elegan,artistic,unik dan nyaman.Semakin tinggi kreatifitas anda akan semakin hunian anda akan semakin menarik.

Berikut contoh desain Rumah di Lahan Miring Dengan Lantai Mezzanine



































































































































Contoh desain ini dibangun diatas lahan miring kesamping,desain ini tidak melakukan pengurugan dan penggalian tanah secara menyeluruh melainkan menyesuaikan bentuk bangunan dengan lahan yang miring.penggalian dan pengurugan tanah hanya untuk mendapatkan ruang parkir dan garasi yang nyaman.untuk desain atap pemilik menghendaki agar atap dibuat tertutup menggunakan tembok yang ditinggikan untuk menutup atap.Desain ini banyak perubahan terutama dibagian fasade sesuai keinginan pemilik rumah.

Catatan :

1. Hindari membangun rumah dilahan yang bagian bawahnya lebih rendah,karena kontur yang lebih rendah dibagian belakang cenderung kurang stabil tapi apabila menghendaki pakailah dinding cor beton bertulang.
2. Pastikan lahan yang akan dibangun padat agar tidak banyak mengeluarkan banyak biaya untuk perkuatan struktur.

Selamat Berkreasi

Baca Juga :

1.Desain Eksterior Rumah 2 Lantai 
2.Pengembangan Rumah Type 22/60
3.Renovasi Rumah type 21/60
4.Rumah type 36
5.Menghitung Biaya Membangun Rumah
6.Menghitung Struktur Rumah
7.Membuat Desain Kamar Tidur Remaja Putri
8.Desain Rumah Minimalis Dengan Desain Sendiri 


Written by: Maz Prayitno
Desain Rumah dan Gedung, Updated at: 20.02.00
Reaksi:

1 komentar:

Posting Komentar